Jumat, 14 Desember 2012

Si Modem Pelepas Dahaga Akan Informasi

Si Modem Pelepas Dahaga Akan Informasi

PENGERTIAN MODEM
             Di jaman yang telah semakin maju dengan semakin luasnya jangkauan layanan internet ke pelosok pelosok tanah air, pasti anda pernah atau sering mendengar istilah modem. Anda mungkin juga telah tahu bahwa agar komputer bisa tersambung ke jaringan internet harus ada perangkat keras yang disebut modem. Sebenarnya apamodem itu? Bagaimana penjelasan lengkap tentang modem ? Mengapa disebut dengan Modem ? Berikut ini jawabannya:
Istilah Modem merupakan singkatan dari dua kata yaitu Modulator dan Demodulato.
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses menumpangkan data pada frekuensi gelombang pembawa atau carrier signal ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media, biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog
Demodulator mempunyai fungsi kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data yang berupa sinyal Analog diberubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca di komputer penerima.
Dan Modem merupakan penggabungan dari kedua sistem tersebut diatas, sehingga modem merupakan alat komunikasi dua arah.
Dennis C. Hayes menemukan modem untuk komputer personal (PC) pada tahun 1977, yang hasilnya mampu mendirikan teknologi paling penting yang membuat dunia sekarang ini bisa menjadi selalu online, serta membangkitkan industri internet menjadi tumbuh berkembang.
Ia pertama kali menjual produk modem bernama Hayes kepada para penggemar komputer di bulan April 1977, dan kemudian mendirikan perusahaan D.C. Hayes Associates, Inc., yang belakangan terkenal dengan nama Hayes Corp., pada Januari 1978. Kualitas dan inovasi dari produk Hayes dihasilkan dalam peningkatan kinerja dan pengurangan biaya sehingga mampu memimpin industri dalam Transisi dari modem leased line ke intelligent dial-up modem untuk PC.
Setelah mengetahui apa itu modem dan bagai mana terciptanya, lalu apa sebenarnya kegunaan modem bagi pemenuhan kebutuhan primer kita? Nah pada kali ini saya kan menguraikan sedikit tentang modem yang memenuhi kebutuhan manusia yang haus akan informasi.
Apakah kalian pernah membayangkan saat modem belum ditemukan? Yah, dari dahulu, informasi adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dibumi ini. Namun pada jaman dahulu, informasi hanya diperuntukkan pada kalangan terbatas, duhulu informasi tersebar melalui surat kabar, atau famplet. Saat teknologi radio ditemukan, informasi mulai menyebar melalui radio dan televisi. Namun pada masa globalisasi ini kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi memalui internet. Akan tetapi untuk mengakses internet dengan mengguanakan computer (pc) atau computer portable maka kita harus menggunakan modem.
Saat modem terkoneksi dengan baik, kita dapat mengakses internet dengan mudah dan mendapatkan semua informasi dengan mudah. Tidak hanya mendapatkan informasi, kita juga dapat sharing tentang ilmu atau informasi kepada semua orang yang menggunakan internet tersebut. Menyenangkan bukan? Persebaran ilmu dan informasi akan dengan mudahnya kita bagi dan dapatkan dengan adanya computer dan mode.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar